Perbedaan perintah Update, Upgrade, dan Dist-Upgrade pada Linux

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hari ini Saya akan Sharing sedikit tentang perbedaan 3 perintah terminal di Linux, yang intinya semua adalah memperbarui sistem.

Ketiga perintah tersebut ialah :
apt-get update
apt-get upgrade 
apt-get dist-upgrade 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
apt-get update

Update merupakan pembaharuan yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbaharui sebuah program komputer atau penambahan data pendukung,termasuk juga memperbaiki kelemahan-kelemahan (bug) dan meningkatkan kegunaan atau kinerjanya.
apt-get upgrade

Upgrade digunakan untuk menginstal versi terbaru dari semua paket saat ini yang diinstal pada sistem dari sumber-sumber yang disebutkan dalam /etc/apt/sources.list.
Paket yang terinstal akan di-upgrade dengan versi baru yang tersedia, dengan keadaan paket saat ini yang terinstal atau paket yang belum diinstal diambil dan diinstal. Versi baru dari paket yang terinstal yang tidak dapat di-upgrade tanpa mengubah status install dari paket lain akan tetap pada versi mereka saat ini.
Sebelum melakukan Upgrade, Update harus dilakukan terlebih dahulu agar apt-get tahu bahwa terdapat versi baru dari paket yang tersedia.
apt-get dist-upgrade 

dist-upgrade di samping melakukan fungsi upgrade, juga secara cerdas menangani perubahan ketergantungan paket dengan versi baru, apt-get memiliki "cerdas" sistem resolusi konflik, dan akan mencoba untuk meng-upgrade paket yang paling penting dengan mengorbankan yang kurang penting jika diperlukan.
Jadi, perintah dist-upgrade dapat menghapus beberapa paket. File / etc / apt / sources.list berisi daftar lokasi untuk memulai mengambil file paket yang diinginkan.

Sekian. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sharing Printer dari Linux ke Windows

Mengganti Nama Domain Localhost di OS Linux

Mengembalikan Data Yang Terhapus / Terformat